Tempat Wisata Cirebon Yang Terkenal Dan Paling Ramai 2018

Tempat Wisata Cirebon Yang Terkenal Dan Paling Ramai 2018
Tempat Wisata Cirebon Yang Terkenal Dan Paling Ramai 2018

Tempat Wisata Cirebon – Seperti halnya kota Bandung, sebagai salah satu kota di Jawa Barat, Cirebon mempunyai daya tarik wisata tersendiri. Selain memiliki beberapa makam yang diziarahi oleh umat Islam, ada juga beberapa tempat wisata Cirebon yang lagi hits dan selalu dikunjungi banyak orang. Penasaran mana saja tempat menarik di Cirebon? Mari anda simak ulasannya berikut ini :

Keraton Kasepuhan Cirebon

Di keraton yang bersejarah ini, anda akan melihat langsung bangunan-bangunan megah nan bersejarah. Anda bisa napak tilas kejayaan Kesultanan Cirebon dan perjalanan tersebarnya agama Islam di Cirebon.

Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon

Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon adalah di Jalan Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kesepuhan, Kota Cirebon. Lokasinya sekitar 30 menit dari Terminal Bus Hajarmukti. Untuk tiket masuk Keraton Kasepuhan Cirebon sekarang Rp 15.000/orang. Untuk masuk museum harga tiket masuk Rp25.000/orang. Masuk keraton Pakungwati atau Sumur Dalem Agung bayar Rp 10.000. untuk menggunakan jasa pemandu Kasepuhan biayanya Rp 50.000/rombongan dengan jumlah peserta 30 orang.

Sentra Batik Trusmi

Jika di Yogyakarta pusat belanja souvenir khas adalah di  wilayah Malioboro, maka di Cirebon pusat belanja souvenir khas adalah di Sentra Batik Trusmi. Batik Trusmi sekarang ini juga menjadi ikon batik dalam koleksi kain nasional. Batik Cirebon termasuk golongan Batik Pesisir, tetapi sebagian batik Cirebon termasuk dalam kelompok batik keraton.

Hal tersebut karena Cirebon memiliki dua keraton yaitu Keratonan Kasepuhan dan Keraton Kanoman, berdasarkan sejarah dari dua keraton ini muncul beberapa desain batik Cirebonan Klasik yang hingga sekarang masih dikerjakan oleh sebagian masyarakat desa Trusmi diantaranya seperti Mega Mendung, Patran Keris, Paksinaga Liman, Patran Kangkung, Banjar Balong, Gunung Giwur, Singa Payung, Singa Barong, Simbar Menjangan, Ayam Alas, Sawat Penganten, Katewono, Simbar Kendo, dan lain-lain.

Alamat Batik Trusmi Cirebon

Batik Mega Mendung khas Cirebon bisa Anda dapatkan di sini. Selain banyak pilihan harga di sini rata-rata terjangkau, mulai dari harga 25 ribuan hingga ratusan ribu. Berbagai hiasan rumah antik juga bisa Anda dapatkan di sini. Lokasi Batik Trusmi Cirebon berada di Dusun Trusmi, Desa Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat

Cirebon Waterland

Cirebon juga memiliki wisata wahana air yang seru. Tempat wisata Cirebon ini menjadi destinasi yang ramai saat-saat liburan. Bernama asli Taman Ade Irma Suryani, namun lebih dikenal sebagai Cirebon Waterland. Berbagai wahana seru mulai dari kolam renang, air mancur, kolam gelombang, ember raksasa, hingga seluncuran tak ketinggalan melengkapi keseruan wisatawan. Semakin heboh dengan tersedianya sensasi restoran mengapung.

Tiket Masuk Cirebon Waterland 2018

Lokasi Cirebon Waterland adalah di Jalan Yos Sudarso, Lemahwungkuk. Harga tiket masuknya antara Rp 30.000 hingga Rp 65.000. Lumayan mahal? Begitulah kata kebanyakan orang. Tetapi memang wahana,fasilitas Cirebon Waterland, dan permainan yang disediakan sangat memuaskan.

Pantai Kejawanan

Tempat wisata Cirebon selanjutnya terkenal dengan suguhan lanskap alam yang siap memanjakan mata dengan sunset di senja hari. Inilah Pantai Kejawanan. Pemandangan berlatar Gunung Ciremai dan Laut Jawa menghiasi pemandangan. Anda pun bisa keliling pantai naik perahu wisata, berenang, memancing ataupun sekedar berburu foto. Sama-sama di jalur Jalan Yos Sudarso, Pantai Kejawanan memang berdekatan sekali dengan Pelabuhan Cirebon.

Tiket Masuk Pantai Kejawanan Cirebon

Lokasi Pantai Kejawanan Cirebon juga dekat dengan stasiun kereta. Hanya 2 Km ke arah utara. Harga tiket masuknya hanya Rp 2.000 plus bayar parkir Rp 5.000. Di tengah pantai kejawanan terdapat batu-batuan kerikil. Anda harus melewati batu-batuan tersebut untuk dapat melewati pantainya. Langsung turun ke sebelah kanan bebatuan itu untuk main dan menikmati susasana pantai kejawanan.

Sumber : anekatempatwisata